Penyebab Penyakit Stroke Emboli dan Hemoragik

Etiologi.com - Penyebab Penyakit Stroke Emboli dan Hemoragik - jaringan pada organ saraf merupakan area paling central di dalam tubuh manusia karena disana seluruh sistem dikendalikan. Jaringan saraf tepatnya pada otak memiliki milyaran sel saraf semua terkoneksi satu sama lain sehinggal implus setiap perintah bisa tersalur dengan cepat.

Sedangkan penyakit stroke sendiri adalah gangguan pemenuhan oksigen pada jaringan saraf otak sehingga menyebabkan dia menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Ada beberapa 2 tipe penyakit stroke diantaranya penyakit stroke emboli, dan stroke hemoragik.

Etiologi Penyebab Penyakit Stroke Emboli / Hemoragik
Etiologi Penyebab Penyakit Stroke Emboli dan Hemoragik

Berikut ini beberapa faktor etiologi atau penyebab dari terjadinya ketegangan stroke tersebut.

Stroke emboli

Etiologi Penyebab Penyakit Stroke Emboli
Etiologi Penyebab Penyakit Stroke Emboli

Penyakit stroke emboli biasa juga disebut stroke iskemik adalah masalah gangguan sirkulasi oksigen di dalam otak karena pembuluh darah saraf otak mengalami penyumbatan. Sumbatan atau obstruksi tersebut bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor penyebab.

Kerusakan katup jantung
Jantung manusia memiliki 4 bagian yaitu dua rongga ventrikel jadwal rongga atrium. Masing-masing ruang atau rongga disebut dipisahkan oleh dinding otot dan sebuah pintu penutup yang disebut dengan katup.

Yang jarang diketahui adalah katup atau Sekat tersebut bisa gangguan fungsi umumnya disebabkan karena penyakit rheumatic Heart Disease.

Karena hal ini elemen dari kerusakan otot jantung disebut masuk ke dalam aliran pembuluh darah di dalam otak dan inilah yang berpotensi mengakibatkan emboli adalah sebutan sehingga terjadilah penyakit stroke emboli.

Disamping masalah katup pada jantung beberapa penyakit yang berkaitan dengan jantung berpotensi menjadi penyebab penyakit stroke emboli adalah miokard infark atau kematian otot jantung, juga endokarditis atau infeksi pada otot jantung yang menjalar ke jaringan pembuluh darah otak.

Kolesterol
Kolesterol khususnya low density lipoprotein (LDL) dan juga very low density lipoprotein (VLDL) merupakan dua jenis kolesterol "jahat" yang apabila kadarnya yang terlalu tinggi di dalam aliran darah bisa mengganggu kesehatan Arteri maupun Vena di dalam otak.

Kolesterol tersebut menempel pada dinding pembuluh darah otak lambat laun membuatnya menjadi semakin sempit sehingga sulit untuk dilalui oleh darah. Dalam jangka waktu lama sel saraf mengalami penurunan pemasukan oksigen dan juga nutrisi termasuk kalori.

Ini yang patut Kita waspadai karena kecenderungan saat ini sebagian besar makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan kolesterol jahat cukup tinggi seperti makanan junk food dan beberapa makanan laut atau seafood.

Batasi konsumsi makanan berlemak dan yang diolah dengan cara digoreng termasuk makanan bersantan.

Dari kasus di atas maka terjadilah penyakit stroke emboli.

Infeksi
Infeksi pada jaringan atau organ di luar jaringan otak juga bisa menjalar ke bagian saraf otak. Salah satunya adalah infeksi TBC paru dimana tinggi potensi dia mengalami penyebaran ke area otak.

Infeksi tersebut menyebabkan peradangan dan gangguan fungsi sirkulasi inilah yang menjadi cikal bakal sebagai ideologi atau penyebab penyakit stroke.

Penyakit metabolik
Masalah kesehatan metabolisme yang juga berpotensi menjadi penyebab penyakit stroke emboli adalah gangguan proses pembekuan sel darah.

Normalnya darah akan mengalami pembekuan apabila terjadi situasi perdarahan contohnya kulit kita terluka maka secara otomatis darah akan membeku dan menutup luka tersebut.

Namun pada kasus embolik darah menjadi sangat mudah mengendap ujungnya adalah penyumbatan aliran darah di area jaringan syaraf sehingga menjadi etiologi penyakit stroke emboli.

Selain kasus kelainan pembekuan darah penyakit metabolisme lainnya yang juga berpotensi menjadi penyebab penyakit stroke emboli adalah diabetes melitus atau penyakit kencing manis.

Penyakit ini secara signifikan menurunkan pemasukan kebutuhan kalori di dalam sel otak. Di samping itu kadar gula tinggi di dalam darah menjadi pencetus terganggunya aliran darah.

Penyakit stroke emboli biasanya memiliki gejala yang nampak lebih cepat karena jaringan sel saraf di dalam otak mengalami penurunan fungsi secara drastis.

Stroke hemoragik

Etiologi Penyebab Penyakit Stroke Hemoragik
Etiologi Penyebab Penyakit Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik adalah gangguan sirkulasi darah di dalam otak karena adanya kerusakan pada pembuluh darah otak yaitu rupture atau pecah sehingga darah membanjiri rongga pada otak.

Beberapa etiologi terjadinya stroke hemoragik diantaranya.

Trauma fisik
Riwayat benturan di area kepala menjadi salah satu penyebab paling sering terjadinya penyakit stroke hemoragik.

Contoh paling nyata adalah kecelakaan lalu lintas dimana pembuluh darah otak mengalami ruptur sehingga darah merembes keluar. Biasanya gejala stroke tidak muncul saat itu juga namun selama beberapa beberapa hari atau ninggu barulah menunjukkan gejala penyakit stroke.

Inilah yang mendasari mengapa penting untuk dilakukan pemeriksaan foto atau scan pada area kepala agar bisa memastikan apakah terjadi pecah atau ruptur pembuluh darah otak.

Sel karsinoma
Karsinoma adalah istilah medis dari pertumbuhan sel abnormal di mana dia mengalami pertumbuhan ukuran tidak terkendali dan biasa disebut dengan sel kanker.

Apabila bagian sel otak mengalami karsinoma atau kanker tentu saja dia akan terus mendesak sistem pembuluh darah dan lambat laun mengakibatkan pecah dan cairan darah keluar memenuhi rongga jaringan saraf.

Kanker juga secara langsung berdampak pada terganggunya fungsi dari jaringan otak itu sendiri.

Aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan penyakit di mana pembuluh darah arteri menjadi semakin keras dan ini mengakibatkan darah tidak bisa melaluinya dengan baik.

Sedangkan darah terus dipompa oleh jantung agar bisa melewatinya jika keadaan ini terus dipaksa bentuk pembuluh darah tersebut akan mengalami pecah dan darah pun langsung keluar masuk ke jaringan otak.

Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan etiologi atau penyebab penyakit stroke paling banyak.

Tingginya tekanan darah berdampak langsung pada peningkatan tekanan intrakranial atau biasa disingkat TIK. Normal dari tekanan TIK adalah di bawah 15 mmHg (8-18 cmH20) untuk dewasa, dan 3-7 mmHg (4-9,5 cmH20) untuk usia anak.

Disamping itu pembuluh darah jaringan otak dalam jangka waktu lama juga tidak akan mampu menerima tekanan tinggi darah dari jantung hingga akhirnya terjadilah pecah pembuluh darah otak dan berujung pada penyakit stroke hemoragik.

Proses terjadinya penyakit stroke

Ketika pembuluh darah mengalami hemolisis dan hemoragik maka secara berangsur-angsur sel jaringan saraf menjadi hipoksia. Hipoksia adalah kondisi dimana sel mengalami penurunan suplai oksigen yang merupakan bahan baku energi.

Setelah mengalami hipoksia maka tentu saja secara fungsional sel saraf menurun drastis. Dan ujungnya adalah kerusakan permanen pada sel bahkan jaringan otak.

Biasanya kerusakan diawali di beberapa titik atau area jaringan saraf sehingga gejala penyakit stroke yang nampak berbeda-beda sesuai dengan area yang mengalami hipoksia.

Penyakit stroke harus ditangani secepat mungkin jika tidak progres recovery dan juga tingkat kesembuhan akan semakin sulit.

Meskipun sebagian besar penyakit stroke dialami oleh individu di atas usia 50 tahun namun tidak menutup kemungkinan usia lebih muda juga bisa menghampiri penyakit dengan tingkat kematian tinggi ini.

Penyakit stroke dampaknya sangat besar bagi kehidupan individu yang paling terpengaruh adalah produktivitas menurun atau bahkan tidak mampu beraktivitas sama sekali. Tentu saja ini karena penyakit stroke mengakibatkan kerusakan saraf sensorik dan juga saraf motorik.

Tetap memelihara perilaku dan pola hidup sehat adalah kunci utama untuk bisa mencegah penyakit stroke. Salah satu contoh paling sederhana dan umum untuk dilakukan adalah olahraga serta lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Jadi itulah beberapa faktor ideologi atau penyebab penyakit stroke.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Penyakit Stroke Emboli dan Hemoragik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel