Penyebab Penyakit Liver Hepatitis

Etiologi.com - Penyebab Penyakit Liver Hepatitis - Sedikit di bawah paru-paru sebelah kanan ada kelenjar terbesar di dalam tubuh manusia fungsinya juga sangat vital yaitu "pabrik kimia" terbesar memproduksi berbagai zat dan enzim, disebut hepar.

Salah satu cairan paling aktif diproduksi oleh kelenjar hati adalah empedu. Bahkan sedikit di bagian bawahnya ada khusus kantung empedu untuk menampungnya kemudian selanjutnya untuk diteruskan ke saluran pencernaan.

Organ Hepar
Organ Hepar

Kelenjar hati termasuk ke dalam organ pencernaan sebagai jaringan tubuh paling kuat karena dia mampu bertahan meskipun telah mengalami kerusakan hingga 80%. Hal ini juga yang mendasari mengapa kebanyakan penyakit hepar/liver baru diketahui dalam kondisi parah.

Berbicara masalah gangguan kesehatan pada hepar atau liver ada beberapa yang mungkin terjadi salah satunya adalah penyakit hepatitis atau infeksi peradangan pada hati.

Berikut ini beberapa etiologi atau penyebab penyakit liver hepatitis.

Infeksi virus

Kelenjar hati seperti halnya dengan organ dan jaringan tubuh lainnya juga bisa mengalami infeksi oleh virus. Infeksi virus pada kelenjar hati sejauh ini diketahui disebabkan oleh beberapa virus diantaranya:

Virus hepatitis A
Virus ini tergolong sebagai tipe RNA virus, penyebarannya biasanya melalui fecal - oral bisa dari makanan yang tidak diolah dengan baik atau melalui air tercemar tinja terkandung virus hepatitis A.

Virus hepatitis A biasanya menempel pada sayuran atau buah segar yang tidak terlihat oleh mata. Jadi sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah dan sayur dicuci bersih dan dimasak dengan metode yang benar.

Virus hepatitis B

HBV Penyebab Penyakit Liver Hepatitis
HBV Penyebab Penyakit Liver Hepatitis

Tergolong dalam tipe virus DNA menjadikan virus ini lebih ganas dibandingkan dengan virus hepatitis A. Seseorang yang terinfeksi virus ini memiliki gejala lebih berat seperti hepatomegali atau pembesaran pada hepar.

Selain menyebabkan morbiditas tingkat kesakitan lebih tinggi hepatitis B juga bisa mengakibatkan tingkat kematian lebih banyak.

Penyebaran virus biasanya melalui cairan tubuh seperti darah pada proses transfusi, pada proses persalinan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya, termasuk melalui hubungan intim.

Virus hepatitis C
Ini adalah virus penyebab penyakit hepatitis satu tipe dengan virus hepatitis A yaitu RNA. Hanya saja metode penularannya identik dengan HBV (Hepatitis B Virus) melalui jarum suntik contohnya pada penyalahgunaan obat-obatan pemakai narkoba.

Kecenderungan pengguna narkoba memakai jarum suntik secara bergiliran sehingga memudahkan risiko terjadinya cross infection virus hepatitis C.

Virus hepatitis D
Jenis antigen penyebab penyakit hepatitis ini identik dengan virus hepatitis B. Cukup sulit untuk disembuhkan serta berpotensi mengakibatkan terjadinya sirosis atau pengerasan pada kelenjar hati.

Virus hepatitis E
Virus ini memiliki masa inkubasi sekitar 20 hingga 60 hari. Masa inkubasi artinya rentang waktu dimana pertama kali virus menginvasi tubuh sampai dengan munculnya gejala klinis.

Karena 60 hari ini merupakan jangka waktu cukup lama maka kecenderungan hepatitis E mengakibatkan terjadinya penyakit hepatitis kronis.

Minuman beralkohol

Alkohol Penyebab Penyakit Liver Hepatitis
Alkohol Penyebab Penyakit Liver Hepatitis

Etiologi penyebab penyakit liver hepatitis lainnya adalah alcoholic. Dimana individu yang secara rutin mengkonsumsi minuman dengan kadar alkohol tinggi dalam jangka waktu lama berisiko tinggi.

Secara metabolisme alkohol mengganggu proses kerja dari liver. Secara aktif alkohol merusak susunan sel hati membuatnya tidak mampu bekerja maksimal dalam metabolisme lipid sekaligus meningkatkan hepatotoksik.

Biasanya bersamaan dengan kerusakan organ hati peminum alkohol berat juga dibarengi dengan kerusakan organ ginjal. [Baca juga: Penyebab Penyakit Gagal Ginjal]

Penggunaan obat-obatan

Beberapa jenis obat memiliki efek samping kurang baik bagi kesehatan hati dan memberikan interaksi penurunan kinerja contohnya obat anastesi, ada juga obat antibiotik untuk penderita penyakit TBC, obat antihipertensi jenis metildopa, dan beberapa jenis obat lainnya.

Inilah yang mendasari mengapa pentingnya mengkonsumsi obat sesuai dengan dosis dan berada dibawah pengawasan tenaga medis khususnya pasien yang harus minum obat dalam jangka waktu lama.

Penggunaan obat-obat terlarang juga bisa menyebabkan peradangan pada hati belum lagi karena infeksi primer yaitu penyakit HIV.

Penyakit tertentu

Terjadinya peradangan pada liver bisa juga disebabkan karena sudah ada riwayat penyakit sebelumnya salah satu contoh penyakit diabetes melitus dan juga penimbunan lemak didalam darah atau hyperlipidemia.

Adanya penyakit autoimun juga bisa menjadi faktor predisposisi dimana sel-sel tubuh salah mengenali dirinya sendiri sebagai sesuatu yang berbahaya lalu kemudian berusaha merusak dirinya sendiri. Dalam jangka waktu lama sel hepar atau hati mengalami kegagalan fungsi dan juga peradangan.

Sekadar informasi tambahan apabila liver atau hati mengalami gangguan contohnya pada penyakit hepatitis tanda gejala klinis umum yang sering muncul adalah warna kekuningan pada kulit dan bagian sklera mata. Di Indonesia sendiri dikenal dengan nama penyakit kuning.

Untuk pemeriksaan laboratorium khususnya darah pada penderita penyakit hepatitis akan ditemukan peningkatan kadar serum SGOT dan SGPT.

Jadi itulah beberapa etiologi penyebab penyakit liver hepatitis yang perlu kita waspadai.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Penyakit Liver Hepatitis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel