Penyebab Penyakit Lupus

Etiologi.com - Penyebab Penyakit Lupus - Lupus adalah penyakit gangguan autoimun dimana antibodi di dalam tubuh yang seharusnya melindungi dari antigen berbalik menyerang bagian tubuh itu sendiri menganggapnya sebagai sesuatu yang berbahaya. Hampir semua jaringan tubuh bisa terserang penyakit Lupus karena masalah imun.

Jaringan paling sering terkena dampak masalah autoimun pada penyakit Lupus adalah kulit dan juga saraf. Beberapa organ penting juga kerap kali bermasalah efek dari penyakit Lupus seperti organ pencernaan termasuk kardiovaskuler jantung dan paru.

Penyebab Penyakit Lupus - Etiologi
Penyebab Penyakit Lupus - Etiologi

Jadi etiologi atau penyebab penyakit Lupus secara umum terjadi karena gangguan fungsi sistem antibodu atau autoimun di dalam tubuh.

Namun demikian ada beberapa faktor lain yang juga bisa menjadi predisposisi seperti faktor genetik, adanya antigen virus atau bakteri, paparan sinar radiasi, termasuk penggunaan obat-obatan tertentu. Bahkan hormon juga disinyalir bisa menjadi faktor pencetus penyebab penyakit Lupus salah satu contohnya adalah penyakit Sistemik Lupus Eritematosus cenderung terjadi pada wanita.

Biasanya pada penderita penyakit Lupus pada pemeriksaan laboratorium akan ditemukan jumlah antibodi jauh lebih besar dibandingkan dengan kondisi penyakit lainnya.


Berikut ini beberapa tanda gejala bisa muncul pada penyakit Lupus:


1. Gangguan mobilitas pada jaringan otot khususnya bagian sendi menyerupai artritis atau rheumatoid dimana terjadi pembengkakan termasuk rasa nyeri.

2. Jika Lupus menyerang jaringan kulit bisa muncul lesi atau bintik bintik merah biasanya terlihat di sekitar hidung dan cenderung berbentuk kupu-kupu melintang hingga ke bagian pipi. Pada kasus Lupus kulit berat bahkan bisa menyebabkan terjadinya ulkus pada area mulut.

3. Jika Lupus menyerang pada saluran pennafasan potensi yang diakibatkan adalah terjadinya sesak nafas karena masalah efusi pleura atau adanya penumpukan cairan pada jaringan paru.

4. Bahaya Lupus pada jaringan kardiovaskuler bisa mengakibatkan terjadinya ruptur perifer pada arteri. Inilah yang mengakibatkan munculnya bintik-bintik merah pada area di sekitar hidung dan pipi.

5. Tanda gejala klinis penyakit Lupus pada jaringan saraf bisa mengakibatkan gangguan sensorik dan motorik dimana penderita tidak bisa menggerakan bagian tubuh dengan baik bahkan bisa berdampak kelumpuhan. Tidak hanya itu saja penyakit Lupus juga bisa menyebabkan tekanan psikis sehingga mengakibatkan penderita menjadi depresi.

Gangguan Saraf Motorik Sensorik Gejala Penyakit Lupus
Ilustrasi Gangguan Saraf Motorik Sensorik Gejala Penyakit Lupus

Penyakit Lupus yang disebabkan oleh autoimun ini sangat sulit untuk dideteksi dini dan kecenderungan menjadi penyakit Lupus kronis. Situasi ini mengakibatkan proses pengobatan dan progress kesembuhan menjadi lebih sulit.

Namun demikian penyakit Lupus tetap bisa ditangani secara medis dan sebelumnya harus melalui beberapa pemeriksaan laboratorium diantaranya tes anti ds-DNA, tes antinuclear antibody, termasuk tes eritrosit dan beberapa pemeriksaan penunjang lainnya.

Untuk penanganan medis dan pengobatan penyakit Lupus bisa dilakukan secara farmakologi dan nonfarmakologi diantaranya pemberian obat-obatan juga fisioterapi bagi penderita yang mengalami gangguan mobilisasi. [Baca juga: Penyebab Penyakit Gagal Ginjal]

Jadi itulah etiologi penyebab penyakit Lupus karena adanya masalah autoimun atau antibodi yang salah mengenali jaringan tubuh dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya kemudian menyerangnya selanjutnya mengakibatkan kerusakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Penyakit Lupus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel