Penyebab Penyakit Tipes Typhoid

Etiologi.com, Penyebab Penyakit Tipes Typhoid - Ketika seseorang mengalami peningkatan suhu tubuh atau demam lebih dari 3 hari disertai dengan lidah kotor berwarna putih patut dwaspadai sebagai tanda gejala penyakit tipes atau typhoid.

Tipes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dimana penyebarannya melalui makanan dan juga minuman terkontaminasi bakteri. Ini bisa terjadi karena bahan baku makanan juga minuman tidak diolah dengan baik mulai dari proses pembuatan hingga distribusi.

bakteri salmonella typhi
Ilustrasi bakteri salmonella typhi

Etiologi atau penyebab penyakit tipes adalah bakteri salmonella typhi, merupakan jenis mikroorganisme patogen yang banyak bertebaran di alam namun sebenarnya tidak terlalu mudah menginfeksi tubuh. Bisa menyerang usia anak-anak atau dewasa

Bakteri yang menyebabkan infeksi melakukan invasi di dalam tubuh bisa terjadi terjadi karena jumlah bakteri banyak dan tubuh mengalami penurunan daya tahan.

Bakteri salmonella typhi mempunyai metode penularan pecal - oral. Metode penularan bakteri secara oral artinya melalui makanan atau minuman terkontaminasi bakteri, sedangkan penularan melalui pecal artinya seseorang yang sudah mengalami infeksi bakteri buang air besar di sembarang tempat mencemari lingkungan seperti di sungai hingga akhirnya menular ke orang lain.

BAB sembarangan penularan penyakit tipes
BAB sembarangan penularan penyakit tipes

Proses infeksi pada penyakit tipes atau typhoid biasanya baru menimbulkan gejala setelah 10 sampai 14 Hari mulai dari bakteri tersebut masuk ke tubuh. Periode ini disebut dengan masa inkubasi.

Sebagai penyebab penyakit tipes bakteri salmonella typhi yang masuk ke tubuh melalui makanan berhasil lolos dari asam lambung kemudian masuk ke usus halus. Di perbatasan usus halus dan usus besar di sanalah dia mulai berkembang biak. Jadi sebenarnya penyakit thypoid bisa digolongkan sebagai penyakit saluran pencernaan. [Baca juga: Penyebab Penyakit Liver Hepatitis]

Selanjutnya bakteri ini bisa masuk ke dalam aliran darah akhirnya mengakibatkan bakterimia. Situasi ini akan terlihat selanjutnya ketika penderita penyakit tipes melakukan cek laboratorium pemeriksaan darah.

Beberapa tanda dan gejala dari penyakit tipes diantaranya peningkatan suhu tubuh bisa mencapai hingga 40 derajat celcius, penurunan nafsu makan atau anoreksia, pusing, merasa mual, dehidrasi, penurunan kekuatan otot disertai dengan rasa nyeri, lidah nampak kotor ditandai dengan warna putih.

Demam gejala penyakit tipes
Demam gejala penyakit tipes

Sedangkan untuk pemeriksaan laboratorium khususnya uji widal akan ditemukan reaksi antara antigen yaitu bakteri salmonella typhi dengan antibodi yang ada di dalam tubuh. Berikut ini aglutinin pada penderita penyakit tipes atau typhoid pada pada pemeriksaan widal:

Aglutinin O
Ini merupakan antigen yang bersumber dari bakteri.

Aglutinin H
Merupakan antigen dari flagel bakteri salmonella typhi.

Aglutinin Vi
Adalah antigen yang bersumber dari simpai bakteri.

Peningkatan produksi sel darah merah atau eritrosit juga bisa terjadi pada penderita penyakit thypoid. Begitu juga dengan enzim SGOT dan SGPT yang akan kembali turun atau normal setelah penderita sembuh dari penyakit tipes.

Untuk perawatan penderita penyakit tipes yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi ini sebaiknya untuk nutrisi diberi makanan tinggi protein namun dengan tekstur lembut seperti bubur. Ini karena pada bagian usus penderita masih mengalami peradangan sehingga belum bisa mengolah makanan dengan tekstur keras.

Pada kasus penyakit tipes berat seperti terjadi kelemahan fisik dan tidak mampu minum sendiri perlu diberikan tindakan medis seperti pemasangan cairan infus. Cairan infus membantu penderita terhindar dari dehidrasi.

Sedangkan untuk suhu tubuh tinggi atau demam bisa dilakukan kompres hangat dibarengi dengan pemberian obat-obatan seperti penurun demam dan antibiotik. Untuk pengobatan akan lebih baik jika penderita dibawa langsung ke tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas agar mendapatkan pertolongan medis lebih cepat dan tepat sesuai dosis.

Penderita penyakit tipes juga harus menjalani perawatan badrest total untuk mempercepat proses penyembuhan.

Yang perlu diperhatikan pada kasus penyakit thypoid adalah potensi terjadinya dehidrasi berat dan juga kekurangan nutrisi. Jadi fokus penanganannya adalah pemenuhan cairan tubuh dan juga nutrisi.

Jika penderita sudah sembuh dalam rentan waktu 1 tahun sebaiknya juga tetap menjaga kesehatan tubuh dan check up kesehatan, karena pada masa tersebut terkadang bakteri salmonella typhi penyebab penyakit tipes masih aktif di dalam tubuh dan diekskresi keluar melalui feses maupun urine. Ini adalah periode potensi terjadi kekambuhan jika tubuh terlalu lelah.

Jadi itulah etiologi atau penyebab penyakit tipes yang menyerang pada bagian usus manusia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Penyakit Tipes Typhoid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel